10 Juli 2010

selamat datang di negeri bahagia

Saya suka novel epik, novel tentang kepahlawanan. Saya bisa memetik pelajaran dari tokoh- tokoh yang diceritakan.

Novel epik yang saya sukai adalah novel ‘ negeri bahagia ‘ karya Dominique Lapierre, diterjemahkan kedalam bahasa indonesia oleh Wardah Hafidz. Terbitan Bentang Pustaka.

Saya kagum pada tokoh – tokoh dalam novel ‘ negeri bahagia ‘. Novel ini didasarkan pada kisah nyata. Sebagian tokoh asli dalam novel ini yang memgambil latar di India tidak mau disebutkan namanya.

Hasari Pal, bekas petani dari desa Benggala yang mencoba bertahan hidup dengan mengadu nasib di kota besar Calcutta, India. Dia mendapatkan pekerjaan menjadi penarik angkong. Sedikit demi sedikit uang berhasil dikumpulkannya. Sebagian uangnya dikirimkan ke desa untuk menghidupi orangtua, adik – adiknya, adik ipar, keponakan dan neneknya. Dengan uang dari keringatnya sendiri Hasari Pal mampu menyewa sebuah rumah yang layak dihuni untuk keluarganya, istri dan tiga orang anak. Dia menyewa rumah di perkampungan kumuh ‘ negeri bahagia ‘. Sebelumnya keluarga bekas petani itu tidur di kaki lima.

Dari tokoh Hasari Pal saya bisa belajar tentang keberanian mengambil keputusan untuk bertahan hidup, dan bahwa masih ada harapan di dunia ini.

Stephan Kovalski, pastor dari Polandia yang ingin berbagi penderitaan dan kemiskinan dengan penghuni ‘negeri bahagia’. Dia membantu mengobati warga miskin yang sakit. Termasuk kaum penderita lepra di ‘ negeri bahagia ‘. Semua itu dia lakukan tanpa imbalan apapun.

Bunda Terresa. Yang menampung bayi yang ditelantarkan orangtuanya. Dan membantu mengobati orang – orang yang terpinggirkan, yang tidak mampu berobat di rumah sakit.

Dan yang paling penting adalah tokoh – tokoh penghuni ‘ negeri bahagia ‘. Dengan keadaan miskin mereka tetap saling menolong. Dan dengan keadaan penderitaan yang menyiksapun mereka masih tetap tersenyum dan bahagia melanjutkan hidup walau maut diujung tanduk.

Dari sekian banyak buku yang saya suka : novel, kumpulan cerpen, puisi. Novel ini saya sengaja ceritakan karena tulisan ini diikut sertakan dalam lomba menulis yang diadakan bukumoo123. Dan dengan tulisan ini juga saya ingin para pembaca mengenal novel ‘ negeri bahagia ‘ dan membacanya. Novel ini layak dibaca siapapun, novel ‘ negeri bahagia ‘ adalah novel yang berkualitas tinggi penuh dengan pesan moral.


                                                        

24 comment:

«((¯`¤ RáÐhìtǻ ¤´¯))» mengatakan...

mantap sob... emang didunia yg semakin edan.. mesti banyak belajar dari kisah2 moral dan perjuangan mental supaya ga ikut2an edan

bukuMoo123 mengatakan...

wow.. makasih ya udah ikutann.. udah aku catet ya.. makasih banget.. ;)

AzHis Jhie mengatakan...

wahhh,,,,

moga menang mas..

bukunya kayax bagus banget nih,,,,

elok langita mengatakan...

kalau mau pake emo di komentar postingan elok, pake huruf kecil kodenyaa..

:D

elok langita mengatakan...

moga menaaang :D

elok juga ikutan :D

Rubiyanto mengatakan...

Semoga menang, review bukunya keren banget ....

Umy Diary mengatakan...

umy berkunjung,,,
met siang

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

oo ikutan lomba ya.moga menang

orangefloat mengatakan...

sepertinya novel ini banyak mengandung pelajaran berharga menuju kebahagiaan

joe mengatakan...

selamat ikutan lomba gan, semoga sukses...

buwel mengatakan...

yups neh novel ini memang banyak sekali sisi pencerahannya...

achen mengatakan...

achen juga suka novel2 yang ginian neh dari pada novel metropop... hehehe

richo mengatakan...

wah moga menang kawan..... tar pinjemi ya klo dah dapet hadiahe heheh

catatan kecilku mengatakan...

Ikutan kontes juga..? semoga menang ya...?

the others... mengatakan...

Sptnya bukunya bagus juga... :D

triiz mengatakan...

kunjungan balik mas...
wahh,pecinta novel ya,kayaknya menarik nih...

salam persahabatan ,-

rosanakmami mengatakan...

kayaknya emang bagus tuh bukunya
moga menang ya.. ^^


selamat hari selasa, bonk
semoga hari ini menyenangkan :D

'Ne mengatakan...

sepertinya buku ini menarik ya.. bannyak pelajaran berharga yang bisa di petik..
jadi pengen baca hehe

siroel mengatakan...

iya, kayanya keren nih buku,,,,
moga menang ya mas...

deadyrizky mengatakan...

pengen bacaaaaT.T
udah lama bener gak baca novel
seringnya nontonin film donlodan sih
ehehehe

rizan mengatakan...

reviewnya mantap ni mas..
lama juga ngak baca novel,jadi semangat kembali bernovelria kembali nie :)

hellgalicious mengatakan...

Boleh juga nih novel
good luck buat kontesnya bro!

betea2005 mengatakan...

kayaknya bukunya bagus deh...

salam kenal...:-)

Yohan Wibisono mengatakan...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Posting Komentar