28 Mei 2011

catatan harian ANNE FRANK

Mungkin ada di antara kalian yang sudah mengenal Anne Frank, yang belum kenal, kalian mesti minta tolong sama Mbah Google. atau kalau kalian tidak mau beranjak dari blog ini, saya akan menceritakan sedikit tentang Anne Frank.

Sebelumnya saya ceritakan dulu bagaimana saya mendapatkan buku catatan harian Anne Frank. Hari senin 16 mei 2011, saya jalan jalan ke toko buku Toga Mas, sudah lama saya tidak jalan jalan ke toko buku buat beli buku atau sekedar baca buku yang sudah tidak ada segelnya. Yang petama tentu saya pergi ke rak novel, kumpulan cerpen, dan puisi. Dan saya bimbang mau beli yang mana. Karena semua bukunya bagus bagus. Pengen saya borong semuanya, sekalian tokonya. Itu tidak mungkin terwujud. Apa daya, saya hanya bisa menelan ludah, menggigit jari, dan mengelus ngelus semua sampul buku yang ada.

Iseng iseng saya keliling rak, dan berhenti di depan rak berisi buku teori sastra. Saya buka buka halaman buku yang tidak ada segelnya. Siapa tahu ada halaman yang bermanfaat buat penulisan saya. Tapi satupun tidak ada yang saya tangkap isinya yang berguna dari buku buku itu.

Tepat di bawah rak terpajang beberapa buku berwarna orange dengan gambar gadis muda yang tersenyum bertuliskan "catatan harian ANNE FRANK." buku itu edisi baru, edisi paling lengkap dari sebelumnya, dan diterbitkan oleh penerbit Jalasutra. Itu buku sudah cetakan ke lima. Saya gondol buku itu, lantas pergi ke kasir dan minta buku itu disampul gratis.

Saya baca di rumah dengan sembunyi sembunyi. Kalau ketahuan bapak ibu bawa pulang buku baru, mereka bisa ngomel seharian. Isi catatan harian Anne Frank tidak menceritakan tentang perang dunia ke dua, dan kekejaman Nazi terutama Hitler yang aku dengar dari media manapun. Catatan itu hanya menceritakan tentang kehidupan Anne Frank, teman teman sekolahnya, keluarganya, tentang persembunyiannya di Annex Secret, tentang keluarga Van Daan, kolega ayahnya, pembantu, dan di edisi legkap ini ada cerita tentang perasaannya terhadap Peter Van Daan.

Anne Frank adalah satu dari ribuan gadis yahudi korban kekejaman Nazi. Dan mulai menulis catatan hariannya pada tanggal 12 juni 1942 dan berakhir pada tanggal 1 agustus 1944. Tiga hari kemudian semua orang yang sembunyi di Annex Secret ditangkap termasuk Anne Frank. dan Anne Frank meninggal di akhir bulan februari 1945.

Yang aku ceritakan tentang Anne Frank tentu sangat sedikit tentangnya. Kalian bisa dapat lebih banyak tentang Anne Frank dengan membaca buku catatan hariannya. Anne Frank menulisnya dengan jujur, murni dari perasaannya dan pemikirannya.

Kalian anak muda yang suka mengejar mimpi, penuh gairah hidup, buku ini wajib kalian baca. Kalian akan banyak belajar dari buku ini tentang kejujuran, kebebasan, dan kesabaran menghadapi hidup di tengah penderitaan.

7 comment:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kenapa gak boleh ketahuan ortu kalo beli buku?

TUKANG CoLoNG mengatakan...

aku mau bikin buku dari blog ku ahhhh sapa tau kayak anne frank XD

Tomo mengatakan...

Aku belum kenal mas dengan Anne ini

ibnu mengatakan...

Setiap orang mempunyai kisahnya masing-masing. jd kepikiran nih menuliskan kisah tentang diriku

restoran jepang mengatakan...

wah pas w sebut nama Anne Frank bulu kuduk w merinding ya ?
tuh sosok wanita tegar Anne Frank

Nyach MMS mengatakan...

berarti buku ini sarat dengan motivasi ya

Anonim mengatakan...

mbak beli buku di toga mas jogja ya??? q nyari web site nya gramedia,tapi ga ada..

Posting Komentar